Monday, May 28, 2012

berkomentar dengan terhormat


tampilan baru facebook membuat kita bisa melihat aktivitas orang lain yang ada dalam friendlist kita. bahkan saat aktivitas itu tidak ada hubungannya dengan kita. seperti komentar seorang teman dalam sebuah grup atau fanpage.

kadang aku iseng membaca komentar-komentar di fanpage yang masuk di timeline facebook-ku, misalnya fanpage artis luar negeri, yang pastinya mereka update status dalam bahasa Inggris. tapi seringnya, komentar-komentar yang masuk  tidak berhubungan dengan isi statusnya, bahkan menurut aku mereka yang berkomentar sebenernya tidak menghormati si penulis status (admin).

mereka yang like fanpage artis luar negeri seharusnya adalah fans dari artis tersebut. dan seharusnya mereka juga sadar klo apapun yang di-update pastinya berbahasa Inggris. sebagian memang mengomentari sesuai topik dengan baik dan benar. sebagian yang lain berkomentar menggunakan bahasa ibu-nya masing-masing. yang menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris, aku ga ngerti. tapi ada juga yang berkomentar menggunakan bahasa Indonesia bahkan bahasa daerah yang ada di Indonesia. klo isi komentarnya sesuai topik sih gpp, tapi banyak juga yang isi komentarnya tidak sesuai topik, mereka menuliskan apa aja yang mereka mau, kadang mereka melecehkan pengomentar yang lain, bahkan mempertanyakan apa arti dari status berbahasa Inggris tersebut. mereka ini bodoh, malas atau apa sih? bodoh karena dengan like fanpage artis luar negeri seharusnya mereka paham klo isinya pasti berbahasa Inggris. malas karena mereka ga mau buka kamus atau google translate. mereka bisa facebook-an berarti punya akses internet untuk buka google translate klo ga mau bolak balik buka kamus.

dengan mengirimkan komentar-komentar seperti itu, mereka bener-bener ga menghormati si artis atau admin fanpage tersebut dan melecehkan diri mereka sendiri, bahkan menjelek-jelekkan Indonesia. mungkin admin atau artis tersebut tidak menbaca komentar-komentar yang masuk, tapi setidaknya pengomentar yang lain atau orang-orang iseng seperti aku membaca komentar-komentar tersebut. coba pikirkan apa yang ada dipikiran mereka saat membaca komentar-komentar tersebut. "ooh.. begini toh kelakuan orang Indonesia yang katanya ramah?" -sarcasm mode on. klo kalian pikir orang luar negeri ga ngerti bahasa Indonesia, mungkin mereka ga malas dan mau buka google translate.

berkomentar sesuai topik merupakan salah satu bentuk penghormatan yang paling gampang dilakukan. klo gak ngerti lebih baik diem aja, daripada mempermalukan diri sendiri. silence is gold, isn't it?

No comments: