Thursday, November 17, 2011

selamat ulang tahun (?)


kemarin, salah seorang temen gw ulang tahun. seperti biasa, setiap ada yang ulang tahun, pasti ditodong traktiran. begitupun teman gw, akhrirnya dia mentraktir kita makan-makan. saat sedang makan itulah terjadi sedikit perdebatan diantara beberapa teman gw.

dimulai saat seorang temen gw mengucapkan selamat ulang tahun. kemudian teman gw yang lain, yang prinsip agamanya agak "saklek" bilang klo dalam agama kita dilarang mengucapkan selamat ulang tahun, karena itu adalah kebiasaan orang barat. selain itu, ucapan selamat ulang tahun biasanya diikuti dengan doa "semoga panjang umur", padahal umur kita sudah ditetapkan, tidak mungkin diperpanjang, yang ada malah umur kita semakin berkurang setiap tahun.

well, pro kontra seperti itu udah sering gw denger. karena pengetahuan gw soal agama masih terbatas, gw cuma bisa jadi penonton aja kemaren, ga berani ngomong apapun karena takut salah.

gw masih mengucapkan selamat ulang tahun kepada setiap temen gw yang berulang tahun. tapi ga pernah lagi mendoakan "semoga panjang umur", karena emang bener umur kita ga mungkin diperpanjang. gw mengganti doa "semoga panjang umur" dengan doa "wish you all the best". lebih netral.

terlepas dari pro kontra ucapan selamat ulang tahun, ada satu alasan personal kenapa gw selalu mengucapkan selamat ulang tahun kepada temen-temen gw. gw tau rasanya (sedih dan kecewa) saat temen-temen gw ga inget hari ulang tahun gw. dan rasanya bahagia banget saat seorang temen inget hari ulang tahun gw. meskipun cuma satu orang. gw merasa lebih dihargai dan diperhatikan. makanya gw berusaha untuk mengingat tanggal lahir temen-temen gw (thanks to facebook reminder :P) dan ga lupa mengucapkan selamat ulang tahun saat hari itu tiba.

buat gw ucapan selamat ulang tahun bukan cuma basa-basi atau berharap dapet traktiran. ucapan selamat ulang tahun, berarti penghargaan dan perhatian. dan pasti senang kan klo ada yang mengucapkan selamat ulang tahun? bukankah memberi kebahagiaan untuk orang lain itu baik? ^^

*tidak bermaksud SARA ya.. :)

No comments: