Monday, February 7, 2011

on time please..

kayaknya semua orang akan setuju klo hal yang paling membosankan adalah menunggu. kebanyakan orang juga akan setuju klo orang-orang Indonesia itu suka banget ngaret. orang yang tidak suka menunggu, kadang (mungkin) secara tidak sadar juga sering (setidaknya pernah) telat. padahal hal yang membuat orang lain menunggu adalah jam karet yang biasa dipakai oleh orang-orang Indonesia.

jam karet itu menular. klo seorang teman mempunyai kebiasaan telat, biasanya orang-orang disekelilingnya pun akan terbiasa menjadi telat. mungkin awalnya hanya ingin menyesuaikan waktu dengan teman yang terbiasa telat karena tidak ingin menunggu lama. atau mungkin ingin balas dendam karena kesal selalu menunggu. tapi lama-kelamaan hal tersebut akan menjadi kebiasaan juga.

langkah terbaik untuk menghentikan atau setidaknya mengurangi kebiasaan telat seorang teman adalah menegurnya. tapi biasanya kita merasa tidak enak menegur seorang teman yang terbiasa telat. yang biasa dilakukan untuk "menegur" adalah dengan sengaja telat, dengan alasan seperti di atas atau kaena ingin memberi "pelajaran" dan menunjukkan klo menunggu itu membosankan. tapi biasanya teman tersebut tidak merasa tersinggung dan kebiasaan telatnya juga tidak berubah. 

gw ga mau munafik. gw pun pernah telat. tapi, gw berusaha untuk tidak merugikan orang lain. kebanyakan, telat yang biasanya gw lakukan adalah telat masuk kelas, yang berarti gw merugikan diri sendiri karena ketinggalan penjelasan materi dari dosen. saat ada janji dengan teman, gw berusaha untuk tidak telat, karena tidak mau membuat orang lain bosan menunggu kedatangan gw. karena tidak mau merugikan orang lain dengan membuang waktunya untuk menunggu gw. dan gw ingin menghargai orang lain yang telah bersedia bertemu gw.

saat ada janji dengan teman yang terbiasa telat pun, gw berusaha untuk tidak telat. itulah cara gw untuk "menegur" mereka. dengan datang tepat waktu, gw berharap mereka merasa tidak enak karena gw telah menunggu lama dan mereka mengubah kebiasaan telatnya. 

No comments: